• ibu saya usia 68thn menurut dokter menderita tumor anus & harus operasi namun keadaan fisikx kurang memungkinkan, ibu saya juga menderita gangguan jiwa (meminum obat penenang). jarang bab dan sakit sekali bab terus-terus mencret hingga diberi obat baru berenti,tapi mlh membuat susah bab,dokter memberi obat untuk bab yg berdarah.saya juga memberi herbal,mohon saran dan jawabannya dok,terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tumor merupakan benjolan atau massa yang terdapat pada tubuh. Tumor bisa merupakan tumor jinak ataupun termasuk keganasan. Tumor pada anus juga banyak sekali jenisnya sehingga sebenarnya perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik berupa pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan guna menegakkan diagnosis tersebut. Keluhan sulit buang air besar sendiri banyak sekali penyebabnya, antara lain akibat konsumsi makanan yang rendah serat, asupan makanan yang dikonsumsi hanya sedikit, kurang asupan cairan, konsumsi obat – obatan untuk menghentikan buang air besar atau karena penyakit lain yang mendasari.

    Jika keluhan susah buang air besar (BAB) yang dialami ibu anda adalah akibat konsumsi obat penghenti BAB maka upaya yang dilakukan untuk menghindari keluhan susah BAB adalah dengan menghentikan obat tersebut. Namun setelah dihentikan kadang efek obat masih terjadi, pasien malah berkelanjutan tidak BAB. Untuk itu perlu dijaga asupan makanannya dengan memperbanyak konsumsi serat yang diperoleh dari buah dan sayur- sayuran. Selain itu perbanyak asupan cairan, terutama air putih. Karena asupan cairan yang kurang dapat membuat tinja menjadi keras dan susah untuk dikeluarkan. Namun jika susah BAB terjadi karena adanya penyakit lain yang mendasari maka sebenarnya perlu pengobatan pula terhadap penyakit utamanya tersebut. Silakan konsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan ibu anda serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengatasi Susah BAB Bagi Penderita Tumor di Anus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.