• dok, saya sudah menikah. tgl 4 kemarin saya mens selesai tgl 8. tgl 15 (di bulan yang sama) saya mengeluarkn cairan berwarna coklat, lengket, tidak berbau. kenapakah saya dok? apa berbahaya? trimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada beberapa keluhan yang muncul dari organ kewanitaan yang sering dikeluhkan, salah satunya adalah keluar sekret atau cairan dari vagina. Cairan yang keluar bisa berwarna putih, kuning, hingga kecoklatan. Penyebabnya beraneka ragam tergantung dari konsistensi, jumlah, bau, serta keluhan lain yang menyertainya. Cairan berwarna coklat  yang keluar dari organ kewanitaan anda bisa disebabkan oleh banyak hal yaitu antara lain akibat keputihan yang terjadi akibat infeksi mikroorganisme tertentu. Namun biasanya jumlah cairan tersebut cukup banyak, bisa disertai keluhan lain seperti bau tak sedap dan masih banyak lagi.

    Penyebab lain dari keluarnya cairan berwarna coklat dari vagina bisa disebabkan oleh darah haid yang muncul pada awal haid atau akhir haid. Jika seorang wanita mengalami gangguan hormonal,  kadang juga muncul keluhan keluar cairan kecoklatan dari vagina. Ada beberapa kemungkinan lain penyebab keluhan cairan kecoklatan ini. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter khususnya dokter spesialis kandungan (spOG). Dokter perlu melakukan pemeriksaan secara detail baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis yang tepat dari keluhan yang anda rasakan. Terapi yang dilakukan tentu berdasarkan penyebab keluhan anda. Namun tidak semua penyebab keluar cairan kecoklatan butuh pemberian obat – obatan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Keluar Cairan Coklat dari Mis V, Gatal Lengket Tapi Tidak Berbau

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.