• Pagi dok, mau nanya ibu saya batuk-batuk terus beberapa minggu terakhir ini, berbagai macam obat sudah digunakan tapi hasilnya tidak ada. Gimana ya cara pengobatan yang tepat? Gara-gara terlalu sering batuk, semalam ibu saya panas tinggi dan mengeluarkan bunyi pada saat nafas.

     

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Untuk menentukan pengobatan yang paling baik perlu dicari tahu dahulu apa yang menjadi penyebab keluhan batuk yang ibu anda alami. Batuk sebenarnya merupakan respon normal tubuh jika ada benda asing yang masuk ke saluran napas. Namun bisa juga timbul karena ada gangguan lainnya seperti infeksi atau sebab lain.

    Infeksi pada saluran napas sendiri juga banyak penyebabnya bisa karena bakteri, virus, jamur dan mikroorganisme lainnya. Masing – masingnya bisa memberikan keluhan yang hampir mirip satu dengan lainnya. Berikut adalah penyakit yang dapat menyebabkan keluhan batuk – batuk yaitu:

    1. tuberkulosis paru atau TBC merupakan salah satu penyakit parubm tersering. Keluhan yang muncul berupa demam 3 minggu atau lebih, batuk selama 1 bulan atau lebih, penurunan berat badan dan masih banyak lagi.

    2. Pneumonia juga penyakit paru yang sering terjadi biasanya karena bakteri Streptococcus pneumonia. Keluhan yang muncul berupa demam tinggi, batuk, lemas bahkan hingga sesak napas.

    3. Bronkhitis juga bisa menyebabkan keluhan batuk, demam, sesak napas

    4. Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab keluhan pasien perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang misalnya dengan cek dahak, rontgen paru dan lain sebagainya.

    Silakan baca artikel berikut:

    Batuk Berdahak : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Batuk Kering : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengenai Batuk Berkepanjangan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.