• assalamualaikum’ dokter
    saya anak baru disini saya mau tanya nih saya ama keluarga saya hampir setahun menderita scabies walaupun tidak terlalu parah. meskipun demikian kami sangat mengeluh dan ingin segera sembuh dok berbagai macam obat telah dimakan mulai dari obat makan dan seperti krim krim scabies scabicid dan scabimit hampir tiap minggu kami membelinya . rumah pun sudah kamu sapu bersi baju selalu di cuci air panas dan kain sprei selalu kami jemur setiap hari serta alas tempat tidur juga dijemur. namun penyakitnya tidak juga segera sembuh kira kira apa ya dok solusinya yang terbaik.. tubuh kami sudah gemuk beda dari biasanya dan air selera tidak normal lagi mohon solusinya dok…

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Yang pertama harus dipastikan adalah apakah benar kondisi yang anda alami berupa skabies atau ternyata disebabkan oleh hal lainnya. Jika memang karena skabies maka coba anda perhatikan apakah pengobatan yang anda lakukan sudah tepat atau belum. Ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasi skabies antara lain:

    1. Sulfur presipitatum 2-5%. Biasanya obat ini dicampur dengan asam salisilat 2%. Obat ini cukup efektif untuk mengatasi skabies dan banyak digunakan karena harganya yang murah. Obat ini dikenal dengan salep 2-4 dan biasa digunakan di puskesmas. Obat ini digunakan dalam bentuk krim dan salep. Cara penggunaan dengan dioleskan di seluruh tubuh sesudah mandi dan dipakai 3-4 hari berturut-turut.
    2. Emulsi benzil benzoat 20-25% dalam bentuk krim digunakan selama 24 jam, 3 hari berturut-turut.
    3. Gamma benzen heksaklorida ( gameksan ) 0,5-1% dalam bentuk salep atau krim. Penggunaannya dengan cara dioleskan selama 24 jam. Hanya digunakan sekali pemakaian. Jika memang skabies tidak membaik maka bisa diulang seminggu kemudian.
    4. Krim permetrin 5%  atau biasa dijual dalam bentuk merk dagang skabimit dapat memberikan hasil yang baik. Cara penggunaan dengan mengoleskan selama 10 jam, cukup 1 kali saja. Jika tidak membaik maka dapat diulang kembali seminggu kemudian.
      Coba anda perhatikan apakah cara penggunaan obat anda sudah tepat atau belum serta temukan sumber infeksi. Jika masih ada orang dekat yang mengalami skabies namun tak diobati dengan sempurna maka mata rantai penularan akan terus terjadi.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    terima kasih dok

Beranda Tanya Dokter Cara Agar Scabies Sembuh Tuntas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.