• selamat malam dok, saya mau bertanya, bagaimana cara menghilangkan gatal terutama di bawah pusar, ke arah selangkangan hingga ke pantat, padahal ganti CD juga setiap saat, tks

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal sering sekali dialami oleh hampir tiap individu. Gatal bisa terjadi pada semua bagian kulit tubuh namun yang sering terjadi adalah pada area – area yang lembab seperti selangkangan hingga bokong. Letaknya yang berlipat dan tertutup pakaian membuat area tersebut lebih mudah berkeringat dan lembab. Gesekan selangkangan dengan pakaian dalam dan celana yang digunakan membuat keluhan gatal sering terjadi pada area ini.

     

    Banyak penyebab keluhan gatal pada selangkangan dan bokong yaitu antara lain:

    • Ada beberapa dermatitis seperti dermatitis kontak alergi ataupun iritan, neurodermatitis, dan lain sebagainya yang menyebabkan keluhan gatal pada area tersebut. Penyakit kulit ini merupakan penyakit non infeksi yang bisa disebabkan kerena alergi, kontak dengan bahan – bahan tertentu, stress dan lain sebagainya
    • Tinea kruris . Penyakit ini akibat infeksi jamur yang menyebabkan keluhan gatal. Keluhan lain yang muncul antara lain adanya bercak merah dengan bagian tepi lesi lebih aktif (merah) dan bagian tengah lebih menyembuh (sewarna dengan kulit).
    • Candidiasis , merupakan infeksi kulit akibat jamur Candida albicans yang juga menyebabkan keluhan gatal.
    • Sebab lain

    Pengobatan harus sesuai penyebab sehingga harus dipastikan dulu dengan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter sehingga bisa ditentukan diagnosis penyakitnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Menghilangkan Gatal di Bawah Pusar dan Selangkangan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.