• Malam dok, saya sudah 2 minggu ini mengalami gatal di selangkangan. Cara membasmi dan menghilangkan secara permanen rasa gatal nya bagaimana dok?? Trma ksh.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal pada selangkangan sering sekali dialami oleh beberapa individu. Selangkangan atau lipat paha merupakan area yang sensitif dan mudah mengalami gatal karena letaknya yang berlipat dan tertutup beberapa lapis pakaian sehingga lebih mudah berkeringat, lembab dan kotor. Ditambah lagi adanya gesekan pada daerah selangkangan oleh karena pakaian dalam dan celana yang digunakan menambah seringnya keluhan gatal pada area ini.

    Ada beberapa penyakit kulit yang sering menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan, antara lain:

    1. Tinea kruris atau korporis. Merupakan penyakit kulit akibat infeksi jamur yang menyebabkan keluhan gatal. Keluhan lain yang muncul antara lain adanya bercak merah dengan bagian tepi lesi lebih aktif (merah) dan bagian tengah lebih menyembuh (sewarna dengan kulit).
    2. Infeksi kulit akibat jamur Candida albicans yang juga menyebkan keluhan gatal.
    3. Dermatitis, misal dermatitis alergi, neurodermatitis, dsb. Penyakit kulit non infeksi ini baik akibat alergi, stress dan lain sebagainya me
    4. Penyebab lainnya

    Oleh karena itu harus dipastikan dulu apa penyebab keluhan anda dengan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter sehingga bisa ditentukan diagnosis penyakitnya. Tatalaksana yang diberikan harus sesuai penyebab. Pengobatan yang tak sesuai dapat memperberat keluhan kulit tersebut. Namun anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kebersihan dan kelembaban kulit area selangkangan. Jangan gunakan pakaian dalam atau celana terlalu ketat, sering ganti pakaian jika lembab , kurangi kebiasaan menggaruk dan basuh area selangkangan dengan air bersih lalu di lap.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menghilangkan Gatal di Selangkangan Secara Permanen

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.