• Assalamualaikum dok. Saya mau tanya tentang keloid yang saya alami dan saya memiliki beberapa keloid di badan. Kemarin saya coba obati keloid saya secara tradisional dengan parutan bawang putih lalu di tempelkan pada bagian keloid tsb. Tapi hasilnya yaitu keloid menjadi gatal dan terdapat benjolan berair di sekitar keloid tsb. Apakah hal itu wajar atau terjadi alergi dok? Dan untuk rekomendasi pengobatan seperti apa yg paling efektif untuk menghilangkan keloid tsb dok. Terimakasih

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Luka yang menyembuh sering kali menimbulkan bekas luka berupa skar atau jaringan parut yang pertumbuhannya berlebihan. Jaringan parut yang tumbuh berlebihan ini disebut juga dengan keloid. Keloid bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, misal telinga, wajah, dada, punggung dan bagian tubuh lainnya tergantung tempat terjadinya luka. Ukuran keloid sering kali lebih besar daripada luka yang muncul sebelumnya.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keloid. Namun yang paling baik hasilnya adalah dengan penyuntikan (injeksi) kortikosteroid intra lesi untuk mengurangi inflamasi atau peradangan yang terjadi. Injeksi kortikosteroid sejauh ini termasuk pengobatan keloid non invasif yang paling baik hasilnya. Akan tetapi injeksi obat ini tidak bisa hanya sekali dilakukan. Penyuntikan obat kortikosteroid harus dilakukan berulang hingga jaringan parut yang menonjol berangsur – angsur menjadi berkurang dan rata kembali.

    Pemberian krim sampai saat ini belum terbukti dapat digunakan untuk mengurangi keloid, begitu pun dengan cara – cara tradisional seperti yang anda lakukan. Pengolesan keloid dengan bawang selain tidak berefek menghilangkan keloid, justru malah akan menimbulkan masalah baru misalnya terjadi dermatitis kontak iritan seperti yang anda alami.  Sebaiknya penggunaan bawang puting tersebut dihentikan agar lesi kulit yang lebih berat tidak terjadi.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Mengobati Keloid Secara Tradisional

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.