• saya pernah jatuh lutut saya terbentur ke lantai, sakit sekali ketika berjalan setelah itu dipijat tanpa diperiksa ke dokter kemudian sembuh tidak sakit lagi ketika berjalan. tapi setelah dua bulan, ketika saya berjalan agak lama dan kecapekan pada bekas benturan dilutut nyeri kembali sama seperti ketika saya baru jatuh.saya benar-benar kebingungan karena usia saya masih 14 tahun. apakah rasa nyeri itu akan selalu terasa sampai saya dewasa? apakah saya tidak boleh kecapekan? bagaimana cara mengobatinya? mohon petunjuknya dok, sebelumnya terima kasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum menentukan apakah rasa nyeri yang anda rasakan bisa berkelanjutan atau kah tidak, yang lebih utama adalah menentukan terlebih dahulu apa yang terjadi pada lutut anda. Perlu dicari tahu kondisi yang anda alami saat terbentur sebelumnya, apakah hanya bagian jaringan lunaknya saja yang terluka ataukah ada gangguan pada tulang seperti fraktur atau patah tulang pada tulang patella (lutut).

    Oleh karena itu saran saya adalah memeriksakan terlebih dahulu kondisi yang anda alami ke dokter khususnya dokter spesialis otrhopedi. Jika memang telah terjadi patah tulang pada tulang lutut anda, perlu dicari tahu bagaimana “proses penyembuhan” dari tulang itu sendiri, apakah tulang menyambung dengan baik ataukah seperti apa. Karena jika terjadi patah tulang namun penyambungan tulang tak sempurna maka bisa menimbulkan keluhan yang sering berulang bagi individu yang mengalaminya. Namun jika tidak ada masalah pada tulang anda, maka kemungkinan penyebab nyeri yang anda alami saat ini bukan akibat riwayat trauma yang terjadi sebelumnya.

    Oleh karena itu silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara detail baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami. Pengobatan yang diberikan sesuai dengan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengobati Trauma pada Lutut yang Berkepanjangan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.