• Dok saya mau tanya, gimana caranya mengurangi kalau bisa dihilangkan bengkak di bibir saya pasca operasi, dikarenakan kecelakaan bibir saya robek dari sebelah kanan bibir sampai keatas dibawah lubang hidung, jadinya di operasi sama dokter spesialis bedah plastik, tapi udah hampir masuk 4 bulan belum juga hilang bengkaknya, kata dokternya kira kira 1 tahun supaya jaringan saraf di bibir yg robek itu bisa kembali normal lagi, dan saya memang merasakan dibibir yg robek tersebut tidak ada rasa apapun seperti daging mati, apakah ada opsional lain dok untuk menghilangkan bengkak pada bibir saya supaya tidak nunggu sampai 1 tahun, terima kasih sebelumnya dok.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bengkak pada bibir bisa disebabkan karena berbagai macam kondisi antara lain karena trauma atau benturan, reaksi alergi, bekas operasi dan masih banyak lagi. Pembengkakan ini bisa disebabkan karena penumpukan cairan ataupun karena inflamasi (peradangan pada bibir). Pada kasus anda dimana bengkak pada bibir terjadi karena bekas operasi setelah mengalami robekan pada bibir paska kecelakaan maka bengkak ini akan terjadi selama proses penyembuhan. Pemulihan bengkak juga bervariasi antar individu tergantung dari keparahan robekan atau kerusakan jaringan bibir yang terjadi paska trauma, rumit atau tidaknya prosedur operasi yang dilakukan dan sebagainya.

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa waktu penyembuhan bengkak ini bervariasi antar individu tergantung dari banyak hal. Oleh karena itu maka sebenarnya yang lebih tahu dan paham kondisi anda serta kecepatan penyembuhan dan prediksi bekas luka yang timbul adalah dokter yang melakukan tindakan. Alangkah baiknya jika anda konsultasi secara langsung dengan yang bersangkutan.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi keluhan bengkak antara lain dengan kompres air hangat dan dingin, hindari memegang atau menekan – nekan bagian bibir yang mengalami tindakan operasi sehingga tidak merangsang luka baru atau malah mengganggu penyembuhan luka.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengurangi Bengkak Pasca Operasi Bibir

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.