• Siang dok, saya ingin bertanya. Saya 20thn, jenis kulit saya berminyak. Saya sma pernah menggunakan krim dari dokter kecantikan dan hasilnya memang bersih tanpa jerawat. Dan saya mencoba untuk melepasnya selama 3 bulan, namun jerawat dan bintik2 kecil muncul. Saya coba memakai krim lagi namun bertambah parah(seperti tidak cocok lagi), akhirnya saya ganti dokter selama 3 kali dalam waktu dekat namun bukan membaik malah membuat jerawat saya di sekitar pipi kanan dan kiri banyak. Apa lagi pipi kanan saya sudah terlihat jelas bekas jerawat yang berwarna kehitaman. Sekarang saya hanya menggunakan sabun jf sulfur, memang mengurangi tapi ada beberapa bekas jerawat yang masih aktif di jidat dan pipi. Apakah ada krim/obat apotik yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat kehitaman dan mengurangi jerawat? Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jerawat atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan acne vulgaris merupakan keluhan kulit yang pernah dirasakan oleh hampir tiap orang. Tidak ada orang yang tak pernah mendapatkan jerawat sekalipun dalam hidupnya. Jerawat terdiri dari beberapa bentuk mulai dari komedo, papul (bintik kemerahan tanpa nanah), pustul (bintik bernanah), dan lainnya. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari faktor keturunan, kelenjar minyak yang overproduksi, sumbatan di pori – pori, keterlibatan bakteri, faktor makanan dan lainnya. Biasanya jerawat ditimbulkan oleh kombinasi dari faktor – faktor penyebab tersebut.

    Ada beberapa upaya untuk mengatasi jerawat mulai dari pemberian obat – obatan yang mengandung sulfur, asam salisilat, asam azaleat, AHA, benzoil peroksida, kortikosteroid hingga antibiotik jika diperlukan. Obat – obatan ini umumnya diberikan secara topikal yakni dalam bentuk krim. Namun beberapa obat juga bisa diberikan dalam bentuk obat minum baik pil, kapsul ataupun tablet. Untuk menghilangkan noda bekas jerawat bisa diberikan beberapa obat seperti retinoid, hidroquinon 2-5% dan lainnya. Selain dengan pengobatan tersebut ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan mengurangi makanan mengandung karbohidrat dan lemak, rajin membersihkan wajah, hindari memencet jerawat dengan kondisi tak steril, hindari debu dan gunakan kosmetik yang cocok dengan jenis kulit anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengurangi Jerawat dan Bekas Jerawat Kehitaman

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.