• dok saya sudah kena dbd 5 hari ini, pada pemeriksaan pertama trombosit saya sudah turun jadi 98.000 badannya panas, periksa lagi yang ke 2 trombosit saya turun lagi 84.000 tapi badannya sudah enekan di ikuti dengan leukositnya meningkat, gak panas dingin lagi tp masih agak pusing sedikit. tolong jelaskan dok apa memang siklus dbd seperti itu ? dan apakah obat anti biotik harus di hindari ketika terkana dbd?

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan virus dengue yang ditularkan melalui perantara nyamuk Aedes aegypti. Gejala klinis yang muncul pada pasien demam berdarah dengue antara lain demam tinggi mendadak selama kurang lebih 5 sampai dengan 7 hari diikuti gejala lainnya seperti munculnya perdarahan spontan (misalnya muncul bintik merah petekie, mimisan, gusi berdarah, dan lain sebagainya), kadang disertai pembesaran hati (hepatomegali), mual, muntah, nyeri perut, nyeri sendi dan lain sebagainya. Dari pemeriksaan darah ditemukan adanya penurunan kadar trombosit (trombositopenia) dan peningkatan kadar hematokrit.

    Dalam perjalanan penyakitnya trombosit bisa terus menurun hingga di bawah 50.000, namun dengan terapi yang tepat maka kadar trombosit akan berangsur – angsur naik dan kembali normal. Terapi yang diberikan untuk pasien DBD yang paling penting adalah terapi cairan (umumnya pemberian cairan kristaloid). Pasien dianjurkan mendapat asupan cairan sesuai dengan derajat DBDnya. Jika pasien bisa minum dengan baik maka sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum. Pemberian antibiotik memang tidak diperlukan untuk DBD, kecuali jika pada pasien terjadi infeksi bakteri secara bersamaan. Antibiotik digunakan untuk penyakit akibat infeksi bakteri, sedangkan DBD disebabkan karena infeksi virus. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, terapi utama DBD adalah dengan terapi cairan yang adekuat serta jika perlu diberi pengobatan simptomatik untuk mengurangi gejala, misal paracetamol untuk mengurangi demam dan nyeri kepala, dsb.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    oke terima kasih bnyak dokter atas informasinya.
    o iya satu lagi dok, kalau dengan terapi minum air dan makan nya pun masih normal betarti tidak harus rawat inap di RS ya dok ?

Beranda Tanya Dokter Meningkatkan Trombosit Saat Terkena DBD

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.