• Dok saya mau tanya, saya mens sudah 4 minggu yang sebelumnya telat mens 2 bulan lebih tapi belum reda juga sampai sekarang dan setiap buang air kecil selalu keluar darah kental merah tua tapi perut saya tidak merasa sakit sedikitpun

    Apa itu mens normal apa saya keguguran ya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan haid sering menjadi masalah pada beberapa wanita. Haid yang panjang dan banyak atau biasa disebut menorrhagia acapkali dialami oleh beberapa wanita. Normalnya darah yang keluar saat haid setiap harinya berkisar antara 40 – 60 ml perhari. Jika lebih dari itu atau beberapa sumber ada yang mengatakan >80 ml perhari maka bisa dikatakan abnormal. Periode haid juga umumnya berkisar antara 3 hingga 7 hari, jika berlangsung lebih dari 7 hari juga bisa dikatakan mengalami menorrhagia.

    Ada beberapa kemungkinan penyebab menorrhagia mulai dari sebab ringan atau karena masalah yang lebih serius. Berikut akan dipaparkan beberapa kemungkinan penyebab menorrhagia yaitu antara lain:

    • Ketidakseimbangan hormonal yaitu umumnya antara progesteron dan estrogen. Sering terjadi pada wanita yang mendekati fase menopause atau karena gangguan di ovarium.
    • Fibroid atau tumor jinak di uterus (rahim)
    • Keguguran.
    • Kehamilan di luar kandungan
    • Kanker servix (kanker mulut rahim)
    • Pelvic inflamatory disease (PID)
    • Dan masih banyak lagi

    Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa penyebab menorrhagia sangat banyak. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter mulai dari penggalian informasi keluhan secara lebih detail, pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang sehingga bisa didapat diagnosis yang tepat. Silakan berkonsultasi dengan dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menstruasi Berkepanjangan Apa Tanda Keguguran?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.