• Selamat malam Dokter.

    Dokter, saya mau tanya terkait kasus Ibu saya. Ibu saya berusia 54 tahun. Selama 2 bulan terakhir terus mengalami menstruasi dan pada beberapa minggu keluar darah menstruasi cukup banyak. Kondisi terakhir, Ibu saya masih mengalami menstruasi khususnya saat kencing keluar darah (meskipun jumlahnya sedikit). Tidak da keluhan kesakitan, nyeri ataupun keputihan.

    Saat tes USG, bidan Faskes tingkat 1 menyatakan tidak ditemukan sesuatu yang aneh pada rahim Ibu saya. Dan karena masih terjadi menstruasi, Ibu saya masih belum bisa tes papsmear.

    *Ibu saya memiliki riwayat kuret saat usia 18 tahun karena keguguran, menikah diusia muda (17 tahun) dan juga tidak melepas alat kontrasepsi yang ditanam di bagian tangan (implan) selama lebih dari 10 tahun.

    Apakah kondisi ini normal menjelang menopause Dokter?

    Terimakasih atas penjrlasannya.

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Menstruasi normal pada setiap wanita umumnya berlangsung antara 2 hingga 7 hari dengan jumlah perdarahan sekitar 10 – 80 ml. Jika perdarahan saat menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari atau darah yang keluar terlalu deras (lebih dari 80ml) maka disebut menorhagia. Ada beberapa penyebab menorhagia yaitu antara lain akibat :

    1. Ketidakseimbangan hormonal
    2. Tumor jinak rahim
    3. Peradangan atau infeksi organ-organ pada rongga pelvis
    4. Wanita pre menopause
    5. Dan lain sebagainya

    Oleh karena itu keluhan menstruasi lama yang terjadi pada ibu anda bisa saja menjadi tanda – tanda awal menopause. Berikut beberapa keluhan wanita menjelang menopause yang sering terjadi yaitu antara lain:

    • Perubahan pada siklus haid, misalnya haid menjadi tidak teratur, volume pendarahan yang sedikit atau malah berlebihan.
    • Sensasi rasa panas, berkeringat, dan jantung berdebar.
    • Rasa sakit saat berhubungan seks karena vagina yang kering.
    • Emosi tidak stabil, seperti mudah sedih, marah atau depresi
    • Berat badan mudah naik
    • Metabolisme tubuh lebih lambat
    • Dan lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri ibu anda secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kandungan (SpOG) di daerah anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Menstruasi Diatas Usia 50 Tahun

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.