• Dear Dokter,

    Saya Ibu 1 orang anak, usia saya 31 tahun. Ada hal yg ingin saya tanyakan. Habis lepas KB suntik 3 Bulan selang sekitar 3 bulanan saya tidak mengalami haid sama sekali, terus kali ini saya haid lancar darah banyak sekali, tapi selang 1 minggu selesai menstruasi, saya mens lagi dan banyak. Apakah ini normal dok? kalau seperti ini bagaimana mengetahui masa subur saya? disisi lain saya sudah berencana u/ mempunyai momongan lagi. Mohon penjelasannya.

    trimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    KB suntik 3 bulan merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal yang banyak digunakan oleh beberapa individu. Ada beberapa efek samping yang timbul pasca pengguanaan KB ini yang banyak dikeluhkan oleh akseptor atau penerima KB, salah satunya adalah terjadi gangguan haid baik haid yang menjadi terlambat atau malah sering haid. Pasca penghentian KB suntik 3 bulan pun, keluhan mens yang tak teratur masih sering dikeluhkan. Hal ini terjadi akibat masih adanya obat yang berada di dalam tubuh wanita penerima KB tersebut.

    KB suntik 3 bulan memang bekerja dengan cara melepaskan zat aktifnya secara perlahan – lahan sehingga meskipun KB ini sudah dihentikan pemberiannya namun efek yang ditimbulkan masih ada. Perlu waktu agar kandungan obat dalam tubuh bisa hilang total, biasanya berkisar antara 6 bulan pasca penghentian KB.  Oleh karena itu, anda tak perlu terlalu khawatir. Anda cukup memantau siklus mens anda tiap bulannya. Jika dalam waktu lebih dari 6 bulan namun keluhan masih berlanjut ada baiknya anda memeriksakan kembali ke dokter secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda tersebut. Silakan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan (SPOG) yang ada di kota anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menstruasi Gak Teratur Pasca Lepas KB Suntik

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.