• dok saya mau tanya saya sudah menikah jalan 6 bulan. Awal saya menikah saya teratur datang bulan setiap tgl 13-14 dan saat menstrurasi paling lama 4 hari. Nah dibulan ke 5 datang bulan saya telat 3 hari dan saya menstrurasi hanya 3 hari. Dan bulan ini saya darabg bulan lebih awal di tanggal 9. Apakah itu baik dok. Sampe sekarang saya blm dpt rezeky anak dok? Apa solusinya . Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Haid  biasanya berlangsung selama 4 hingga 7 hari tiap bulannya dengan siklus 28 hari, 35 hari atau beberapa individu ada yang menjalani siklus tiap 21 hari. Penyebab terlambat haid banyak sekali sumbernya. Tidak semuanya terjadi karena masalah yang berat. Apalgi jika baru berlangsung selama tiga hari, maka ada baiknya anda jangan terlalu panik. Cukup dipantau selama beberapa minggu ke depan sekaligus menjaga pola hidup anda sehari – hari seperti makan yang teratur, perbanyak makan makanan yang bernutrisi tinggi, olahraga yang cukup, istirahat yang teratur, serta rilekskan pikiran anda.

    Penyebab terlambat haid bisa karena kehamilan atau karena hal lainnya seperti:

    1.       Stress atau faktor psikosomatis yang menyebabkan hormon menjadi tidak stabil dan berdampak pada perubahan siklus mens.

    2.       Asupan makanan yang kurang serta berat badan yang sangat rendah, misal akibat diet ketat.

    3.       Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens

    4.       Penyakit organ reproduksi misalnya tumor, sindrom polikistik ovarium, dan lain sebagainya.

    5.       KB hormonal terutama KB 3 bulan

    6.       Penyebab lainnya

    Jika keluhan telat mens berlangsung lebih dari 3 bulan maka ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menstrurasi Tak Teratur Setelah Menikah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.