• hallo dok selamat malam maaf mengganggu.
    Nama saya kimda umur 20th dok saya ingin bertanya, tinggi saya 162cm, berat badan saya 65kg saya ingin menurunkan berat badan dengan ngegym tapi saya tidak suka sayur dok, kalo saya ngegym makananya mie instan dan goreng”an itu bahaya apa tidak dok?
    waktu itu saya pernah mencoba tapi yg ada badan saya lemas apa mungkin karna saya terlalu berat olahraga?
    itu saja pertanyaan saya dok terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui apakah berat badan seseorang ideal atau tidak bisa diketahui dengan menggunakan rumus berikut ini: (Tinggi Badan-100) – 10% (Tinggi Badan – 100). Pada kasus anda diketahui (162 – 100) – 10% (162-100) yakni 55,8. Sepuluh persen plus minus dari 55,8 masih termasuk normal. Sehingga untuk tinggi 62, range berat badan ideal sekitar 49,6 – 62 kg. Dengan demikian diketahui bahwa berat badan anda saat ini lebih dari berat badan ideal dan target penurunan berat badan anda setidaknya ke angka 62 kg.

    Untuk menurunkan berat badan sebanyak 0,5 – 1 kg perlu dilakukan pembakaran kalori sekitar 500 kalori atau lebih. Caranya bisa dilakukan dengan berolahraga dan membatasi asupan makanan yang dikonsumsi. Perlu  diingat agar penurunan berat badan jangan terlalu drastis dan mendadak karena efek samping yang ditimbulkan malah akan membahayakan kesehatan anda. Olahraga yang baik dilakukan selama 30 hingga 45 menit sebanyak 4 – 5 kali dalam seminggu. Sebaiknya olahraga juga jangan berlebihan karena malah akan menimbulkan masalah baru. Asupan makanan anda juga perlu dijaga, hindari makan makanan tinggi kalori seperti mie instan dan gorengan. Pilihlah makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus dibandingkan dengan digoreng. Penjelasan lebih detail silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan yang anda rasakan:

    Buah untuk Diet : Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

    Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menurunkan Berat Badan yang Sehat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.