• Awalnya saya kerja memakai sepatu sempit dan pada akhirnya jempol kaki saya kanan dan kiri mengalami cantengan, dan akhirnya saya memakai sepatu yang sedang, tetapi tak kunjung sembuh cantengan saya dan karena rutinitas pekerjaan di kantor yang mengharuskan karyawannya memakai sepatu dalam pekerjaan, jadi cantengan saya terbungkus sepatu terus dan tak kunjung sembuh. bagaimana solusi mengobati cantengan tanpa harus melepas sepatu dok ???

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan paronikia. Paronikia adalah infeksi yang mengenai jaringan lunak di sekitar kuku, dan sering kali infeksi ini menyebar dan mengenai jaringan kuku hingga menimbulkan nekrosis / kematian kuku. Paronikia bisa disebabkan karena infeksi bakteri hingga jamur. Gejala yang muncul bisa akut ataupun kronis. Gejala paronikia antara lain berupa : nyeri pada area sekitar kuku, kemerahan pada jaringan sekitar kuku, bengkak, kadang muncul pus (nanah).

    Jika tidak diobati, maka infeksi dapat menyebar dari jaringan lunak hingga ke kuku. Jika infeksi berlangsung menyeluruh pada seluruh kuku, maka kuku bisa terlepas dari bantalannya. Keluhan ini sering berulang karena kebiasaan individu tersebut yang kurang baik, misalnya akibat seringnya memotong atau membersihkan kuku hingga terlalu dalam, penggunaan alat pembersih kuku kurang terjaga kebersihannya sehingga memudahkan infeksi, penggunaan alas kaki yang terlalu sempit, kebiasaan menggigit kuku, hingga terlalu lembabnya kuku jari. Oleh karena itu yang terpenting bukan selalu hanya tentang pengobatan saja namun bagaimana cara kita menghindarkan diri dari faktor resiko yang kita buat sendiri itu tadi.

    Jika telah timbul cantengan maka bisa diberikan obat kausatif misalnya antibiotik (jika terjadi infeksi bakteri), obat simptomatik untuk menghilangkan bengkak dan nyeri. Jika kuku telah nekrosis atau mati maka perlu dilakukan ekstraksi kuku (pencabutan kuku). Sebaiknya memang, anda menggunakan sandal terlebih dahulu selama proses penyembuhan untuk menghindari benturan pada kuku dan jaringan lunak yang mengalami infeksi. Benturan yang terus menerus bisa memperparah keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menyembuhkan Cantengan Disertai Memakai Sepatu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.