• Dok, saya punya rinitis alergi sejak lama, namun tidak setiap waktu saya mengalaminya. Namun akhir-akhir ini hampir setiap hari rinitis alergi saya kumat, sampai membuat tubuh lemas, dan lelah karena terus bersin-bersin, padahal dulu rinitis saya tidak terjadi setiap hari, penyebabnya apa ya dok, sampai rinitis alergi saya terjadi setiap hari? Dan bagaimana menyembuhkannya?

    Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rinitis alergi adalah peradangan atau inflamasi pada mukosa hidung akibat paparan dengan faktor alergen pencetus serangan seperti debu, jamur, udara, bulu binatang, dan lain sebagainya. Rhinitis alergi bisa dicetuskan oleh karena faktor cuaca dan lingkungan tertentu misal pada saat udara dingin (saat hujan, pagi hari ataupun malam hari). Gejala yang muncul akibat rinitis alergi antara lain bersin – bersin disertai keluarnya sekret (ingus) berwarna bening, kadang juga disertai sakit kepala, mata, hidung dan juga telinga kadang ikut terasa gatal.

    Rinitis alergi akan muncul jika anda kontak dengan zat – zat tertentu yang mencetuskan reaksi alergi. Selama anda bisa menghindari faktor pencetus maka keluhan ini bisa dikurangi frekuensi kekambuhannya hingga tidak kambuh sama sekali. Untuk mengetahui penyebab pasti zat yang menjadi alergen tentu anda sendiri yang akan lebih bisa mengetahuinya. Coba anda amati kapan seringnya keluhan rinitis alergi ini muncul. Jika karena debu maka sebaiknya anda sering mengganti sprei atau bantal agar tidak banyak berdebu, sering melap kipas angin, dan lain sebagainya. Obat – obatan yang bisa diberikan untuk mengurangi gejala antara lain obat anti histamin seperti CTM, cetirizin dan lain sebagainya. Silakan anda periksakan diri secara langsung ke dokter jika keluhan berlanjut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Menyembuhkan Rinitis Alergi yang Sering Kumat

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.