• Saya 30th. Saya tinggal dipulau dengan keterbatasan team medis & alat2nya.
    Sudah di chek katanya hanya maag & asam lambung. Tapi saya merasa ada yg lain… & tidak sesederhana itu.

    Saya sudah utarakan keluhan saya :

    – rasa gak enak di ulu hati. Tapi tidak sakit diperut. Sudah ditekan dokter diseluruh bagian perut. Cuma ada rasa gak enak seperti ada yg naik ke atas kepala & pusing (Mungkin asam lambung naik). Tapi sering sembelit.

    di anus saya terdapat lecet. & rasa ingin menggaruk yg kuat, pada saat saya mengkonsumsi yg bersifat daging. Saya chek di google, itu katanya “fissura ani”. Soalnya gak ada benjolan seperti wasir. Awal2 kena, sempat feses keras & berdarah.
    Pernah dapat resep obat dikasih Amoxilin, trs gatal mereda. Kini sudah melunak feses nya seiring saya diet sayuran rebus & non minyak.
    Tapi 2-3hari terakhir sudah gak konsumsi amoxilin, mulai gatal lagi anus saya.

    Rasa gelisah & gak enak di ulu hati juga gak kunjung reda, walaupun sudah mengkonsumsi obat maag & asam lambung.
    Badan masih terasa lemah & lelah.
    Kadang juga merasa kepala ringan, seperti mau pingsan.
    Kalo saya olahraga dikit, pasti keringat nya dingin. & gak nyaman.

    Kira2 apa ya diagnosa penyakit saya. & chek apa yg disarankan buat saya?
    Biar dapat vonis yg tepat & gak cuma prediksi.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan bukan hanya sekedar prediksi maka butuh dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara langsung ke dokter, tidak hanya berdasarkan informasi singkat seperti yang anda sampaikan. Dalam forum ini saya hanya bisa membantu mencari kemuungkinan penyebab keluhan anda. Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, saya menduga ada beberapa gangguan yang menyebabkan keluhan tersebut.

    Keluhan nyeri di ulu hati yang anda rasakan kemungkinan besar terkait dengan gangguan pada lambung atau yang biasa disebut sebagai dispepsia. Keluhan ini bisa dicetuskan akibat stress, setelah konsumsi makan makanan pedas dan berminyak, telat makan dan lain sebagainya. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati, perut kembung dan kadang juga berpengaruh pada buang air besar baik menjadi sembelit (susah BAB) atau malah timbul keluhan diare.

    Keluhan gatal di anus yang anda alami bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya dicetuskan karena mukosa anus yang lecet akibat anda mengejan terlalu kuat atau karena feses yang keras. Proses penyembuhan luka lecet kadang sering menimbulkan keluhan lain seperti gatal. Jika anda mengalami keluhan BAB berdarah akibat feses yang keras maka telah terjadi hemorhoid atau ambeien pada anda. Hemorhoid pada tahap awal biasanya hanya menimbulkan keluhan BAB berdarah tanpa diikuti keluarnya benjolan dari anus.

    Keluhan sakit kepala dan lain sebagainya bisa berkaitan dengan keadaan di atas, atau juga karena sebab lain misalnya tekanan darah yang abnormal dan sebagainya. Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan

    Cara Mengobati Ambeien / Wasir / Hemoroid


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mohon Solusi Gangguan Lambung

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.