• <p style=”text-align: left;”>Dok ..
    Perut saya sakit, terasa mual dan eneg. tapi saya tidak punya maag
    Pernah berobat tapi kata dokter itu hanya penyakit biasa.
    Tapi, sakit terus berkali-kali ..
    Kira-kira itu kenapa ya dok?
    Saiful umur  18 Tahun.. Terima Kasih sebelumnya.</p>

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual, eneg atau rasa nyeri merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh beberapa individu. Kebanyakan keluhan ini memang memiliki kaitan dengan gangguan yang terjadi pada lambung. Meskipun anda sebelumnya tak memiliki riwayat penyakit maag, namun tak menyingkirkan kemungkinan gangguan pada organ tersebut. Karena sakit maag atau biasa disebut juga dengan dispepsia sering kali muncul akibat kebiasaan makan pasien yang tak teratur atau karena sebab lainnya misal karena stress. Beberapa faktor yang sering mencetuskan keluhan mual, nyeri perut antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan:

    1. Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    2. Hindari stress dengan merilekskan pikiran dan selalu berpikiran positif.
    3. Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mual Dan Eneg pada Perut, Tapi Tidak Punya Maag. Apa Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.