• Selamat malam dokter. Saya mengalami mual. Apabila sudah sendawa mual tsb hilang. Apabila mual sampai tesendawa dokter tidak sampai muntah Lalu lambung dan perut saya terasa nyeri seperti ditekan. Dan nyerinya sampai nembus ke punggung dokter. Saya minum obat episan 10ml dok pagi. Lalu sorenya minum omeprazole dok. Ini saat malam hari setelah saya makan rasanya mual dok dan susah sendawa. Bagaimana cara mengatasi mualnya ini ya dok. Karna rasanya sungguh tidak enak dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual – mual karena gangguan di lambung baik karena dispepsia hingga gastroesofageal refluks disease memang sering kali mengganggu meskipun telah mengkonsumsi obat – obatan lambung seperti omeprazole dan lain sebagainya. Pemberian vitamin B6 juga bisa membantu untuk mengurangi rasa mual dan muntah yang dialami oleh pasien. Selain itu ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mencegah rasa mual antara lain sebagai berikut :

    Sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering, daripada langsung sekaligus banyak. Makanlah dengan perlahan dan jangan terburu – buru.
    Minumlah sebaiknya sebelum dan setelah makan dengan jarak dan waktu yang cukup daripada minum di antara waktu makan.
    Istirah terlebih dahulu setelah makan, jangan langsung beraktivitas.
    Hindari minuman dan makanan yang menyebabkan mual misalnya makanan yang berlemak, makanan yang digoreng, makanan pedas, makanan yang terlalu asam, kopi, cokelat, hingga minuman bersoda.
    Hindari juga makanan yang sulit dicerna, seperti serat karena dapat menyebabkan pencernaan bekerja terlalu berat dan akhirnya menimbulkan mual.
    Hindari minum minuman keras dan kebiasaan merokok.
    Rilekskan pikiran, berpikir positif dan hindari stres.
    Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).
    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter jika keluhan berlanjut.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Mual dan Sendawa, Bagaimana Mengatasinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.