• Permisi dok. Nama saya Dicky. Laki-laki. 27 tahun.

    Saya mau bertanya. Sudah 1 bulan ini Kenapa saya sering mual mutah, sesak nafas, perasaan tidak enak serta kepala pusing dan mudah lelah. Mual mutah sering saya derita Setelah mandi / kedinginan dan setelah melakukan activitas serta setelah makan dan ketika mencium bau tak sedap. Bahkan hampir setiap 1 hari 2x saya mual mutah. Sudah 1 bulan saya mengalami ini. Dan sudah 1 minggu ini saya kosumsi antasida.namun tidak ada perubahan. Mohon info tentang penyakit saya ini dan cara pengobatan nya.. terima kasih dan sukses selalu dok.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering mual, muntah seringkali dikaitkan dengan gangguan di lambung akibat peningkatan asam lambung. Biasanya pasien juga mengeluh perasaan seperti sesak nafas (nyesak di ulu hati). Gangguan di lambung tersebut sering terjadi akibat pola makan yang kurang baik, misalnya terlambat makan, konsumsi obat penghilang nyeri seperti piroxicam, natrium diklofenak, dan lain sebagainya dalam jangka waktu lama,ataupun karena makan makanan yang mengiritasi lambung, serta masih banyak lagi. Namun sebenarnya bukan hanya akibat gangguan lambung saja namun juga bisa karena sebab lain.

    Ada beberapa kemungkinan penyebab mual dan muntah antara lain:

    • Gangguan di lambung misal dispepsia atau bisa saja hingga terjadi ulkus peptikum. baik berupa ulkus gaster (tukak lambung) atau ulkus duodenum (tukak usus) . Gejala ketiganya hampir mirip yaitu berupa mual, muntah, rasa nyeri di ulu hati, dan lain sebagainya. Namun gangguan di mukosa lambung pada ulkus gaster memang lebih berat daripada dispepsia. Ulkus duodenum juga memiliki perlukaan pada mukosa usunya. Untuk menegakkan diagnosis ulkus gaster dan ulkus duodenum perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi untuk memastikan kondisi mukosa lambung dan ususnya.
    • Akibat faktor psikosomatis. Faktor psikis sebenarnya juga bisa menyebabkan keluhan ini. Pasien merasakan keluhan – keluhan tersebut namun sebenarnya tidak ada gangguan dalam organ tubuhnya. Untuk mengatasi keluhan tersebut yang paling penting adalah menjaga pikiran, selalu berpikir positif dan melakukan pola hidup sehat.
    • Atau karena sebab lainnya.

    Untuk memastikan keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang yang memang dibutuhkan sehingga bisa tegak diagnosis penyakitnya dan bisa mendapat pengobatan yang sesuai dengan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok atas jawaban nya..

    Sukses sll medikus.com

Beranda Tanya Dokter Mual Mutah, Pusing Setelah Kelelahan / Kedinginan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.