• Dok sy mau minta solusi. ibu sy suka mual2 setelah mkn rujak asam. mualnya berkelanjutan. akhir ny sy rujukan ke RS terdekat. di rawat 5hari dan kata dokter RS ibu sy boleh pulang. dan nyata nya sampai di rumah tdk ada perubahan dok. mohon solusi ny

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual yang ibu anda rasakan setelah konsumsi rujak asam sering disebabkan karena peningkatan asam lambung yang menyebabkan terjadinya dispepsia. Dispepsia merupakan penyakit akibat peningkatan asam lambung yang sering menimbulkan keluhan mual, muntah, nyeri ulu hati dan sebagainya. Selain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, mengandung lemak yang banyak sering menimbulkan keluhan tersebut.

    Selain konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya), pasien juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dimakannya. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll. Selain itu dispepsia juga bisa dicetuskan karena stress atau faktor psikis sehingga salah satu upaya untuk mengendalikannya dengan merilekskan pikiran serta selalu berpikir positif.

    Periksakan ibu anda kembali ke dokter jika memang keluhan tak membaik setelah melakukan hal – hal di atas. Perlu dilakukan pemeriksaan ulang oleh dokter untuk memeriksa kondisi ibu anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mual pada Udia 45thn Akibat Makan Rujak Asam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.