• dok mau tanya..kenapa saya sering kali mual mau muntah kalo mau makan. bahkan liat makanannya saja sudah mual mual..kadang juga disertai kepala gliyeng. jadi parno sendiri kalo mau jajan diwarung..mksh..adyt 27th

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual hingga muntah ketika akan makan sebenarnya bisa mengiringi beberapa penyakit akibat gangguan organ pencernaan (misalnya hepatitis, kolesistitis, dispepsia, dsb) atau bahkan kadang hanya karena faktor psikologi pasien saja. Jika tidak ada keluhan lain yang menyertai, bisa saja hal tersebut akibat sakit maag atau seringkali disebut juga dengan dispepsia dalam istilah kedokteran. Dispepsia memiliki beberapa gejala yang sering dikeluhkan oleh pasien, antara lain rasa nyeri di ulu hati ketika terlambat makan, mual bahkan hingga muntah ketika belum masuk makanan atau malah sesudah makan, rasa mual atau bahkan muntah ketika melihat atau mencium bau makanan yang menyengat, perut kembung setelah makan dan sebagainya. Hal ini terjadi akibat meningkatnya asam lambung.

    Dispepsia awalnya terjadi akibat pola makan yang salah yaitu seringnya menunda makan, sehingga ketika perut kosong dalam waktu lama menyebabkan asam yang dihasilkan di lambung yang sebenarnya bertujuan untuk mengolah makanan menjadi tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Asam lambung dihasilkan namun makanan tidak ada, sehingga asam itu bisa mengiritasi mukosa lambung dan sering menimbulkan mual bahkan hingga muntah ketika akan makan.

    Untuk keluhan sakit kepala atau yang anda sebut dengan gliyengan bisa saja terjadi karena efek penyerta dari keluhan lambung, atau karena tekanan darah rendah, atau karena sebab lainnya. Coba anda perhatikan pola makan anda, usahakan agar tidak terlambat makan. Alangkah lebih baiknya jika makan dalam porsi kecil namun sering, dibandingkan dalam porsi banyak tapi intervalnya lama. Jika terasa mual, kurangi kontak dengan makanan yang berlemak, terlalu pedas atau asam, serta pilih makanan yang tidak terlalu menyengat dari rasa dan juga bau-nya. Jika keluhan memberat dan sering berulang, lebih baik diperiksakan secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa Mual Saat Mau Makan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.