• Saya Riri, umur 20 tahun.┬áSetiap selesai sarapan, selalu merasa mual. Saya mulai merasa mual sekitar 6 bulan belakangan, padahal makanan untuk sarapan tidak ada bedanya dengan sebelumnya.

    Saya biasa bangun pukul 6 pagi, sarapan pukul 6.30 dan mandi pukul 7.30. Mual itu terasa sampai saya mandi, kadang sampai muntah, kadang juga tidak. Kira-kira ada gejala apa ya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mual merupakan perasaan tak nyaman di area perut yang menyebabkan munculnya rasa ingin muntah. Mual seringkali merupakan suatu tanda adanya gangguan penyakit tertentu. Rasa mual bisa disertain keluhan muntah ataupun keluhan lainnya. Mual sehabis makan terutama sarapan pagi bisa disebabkan karena banyak hal antara lain:

    • Alergi terhadap satu jenis makanan tertentu. Hal ini bisa menyebabkan mual dalam waktu beberapa menit hingga jam pasca makan makanan tersebut. Mual setelah makan akibat alergi bisa disertai gejala alergi lainnya seperti merah pada kulit, bengkak di bibir dan lainnya.
    • Faktor psikologis ataupun stres akibat sebab tertentu sering menyebabkan mual sehabis makan. Umumnya tidak ada penyakit fisik yang terjadi. Pada kasus ini penyebab mual hanya karena masalah psikis saja.
    • Kehamilan. Ibu hamil trimester satu sering mengalami mual setelah makan terutama saat sarapan pagi. Hal ini sering dikaitkan dengan perubahan hormon.
    • Gastroesofageal reflux disease. Kondisi ini akibat peningkatan asam lambung secara berlebihan.
    • Dan sebab lainnya

    Jika keluhan ini sangat mengganggu silakan periksakan langsung ke dokter. Namun ada baiknya anda bisa mencegah mual setelah sarapan dengan cara tidak langsung makan makanan berat saat bangub tidur. Konsumsi minum minuman manis hangat terlebih dahulu lalu 15 hingga 30 menit kemudian baru makan makanan yang lebih berat namun usahan dalam porsi kecil.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Mual Setelah Sarapan, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.