• Selamat sore dok, saya kholik

    Saya punya keluhan, kemarin kan saya demam disertai pusing pegal2 sama mual2, setelah hari dari pusing sampe pegal2 dan demam hilang namun mual2 nya sampe skrng masih dok, bagaimana solusi selanjutnya dok? Terima kasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual yang anda rasakan bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya akibat infeksi yang terjadi ataupun karena nafsu makan yang menurun selama periode sakit yang sebelumnya. Selain itu juga bisa disebabkan karena pola makan anda yang kurang baik. Interval makan yang terlalu panjang membuat waktu pengosongan lambung yang cukup lama. Tidak ada makanan yang bisa dicerna asam lambung sedangkan produksi asam berlangsung terus menerus. Hal ini membuat asam lambung mengiritasi jaringan mukosa di sekitarnya dan menimbulkan rasa nyeri , mual dan lain sebagainya.

    Keluhan mual bisa diatasi dengan memberikan terapi simptomatik untuk mengurangi gejala misalnya dengan pemberian salah satu obat berikut: antasida, golongan anti histamin seperti ranitidin, ataupun diberikan omeprazol dan suplemen vitamin B6 untuk mengurangi keluhan mual tersebut. Namun jangan lupa perlu diperhatikan asupan makanan anda, konsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, hindari makanan berlemak terlalu banyak, pedas dan terlalu asam terlebih dahulu, hindari konsumsi mie, ataupun kopi. Hindari juga makan dalam porsi besar dan terlalu kenyang karena dapat membuat perut anda semakin mual. Jika keluhan berlanjut ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mual Tak Kunjung Hilang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.