• Saya perempuan berumur 23, tinggi saya 160cm berat 47kg. Ketika cuaca dingin jari kaki saya sering lebih cepat dingin dan langsung membuat masuk angin. Padahal saya sudah makan dan menggunakan pakaian yg cukup hangat. Kira kira apa penyebabnya ya dok?

    Dan akhir2 ini saya sering sesak menjelang malam. Itu penyebabnya apa ya?

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kaki dan tangan yang cepat menjadi dingin saat cuaca sejuk atau dingin misal malam hari, hujan dan lain sebagainya sebenarnya merupakan respon normal tubuh. Ambang rasa dingin seseorang berbeda antara individu satu dengan lainnya, tergantung dari beberapa hal misal lingkungan yang biasa ditinggali, lemak tubuh yang dimiliki (lemak cenderung berperan sebagai penghangat tubuh maka tak heran orang yang kurus lebih muda kedinginan), dan lain sebagainya. Masuk angin merupakan istilah yang sering dikeluhkan orang awam. Hal ini sering terjadi pada individu dengan daya tahan tubuh yang kurang baik sehingga dengan faktor pencetus tertentu misal lelah, udara dingin, bisa menyebabkan tubuh gampang sakit. Sehingga selain menjaga kehangatan tubuh dengan selimut, pakaian hangat dan lain sebagainya, yang terpenting adalah upaya anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda misal dengan makan makanan bernutrisi tinggi, olahraga yang teratur, konsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh dan lain sebagainya.

    Sesak napas saat malam bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena asma bronkhial. Namun untuk penegakkan diagnosis asma bronkhial harus berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang oleh dokter sehingga alangkah baiknya anda berkonsultasi ke dokter secara langsung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

      <li style=”text-align: center;”>Terimakasih banyak dokter Dina dan mediskus.com

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Mudah Masuk Angin?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.