• Sore dok, bapak saya punya riwayat TB skrg muntah2 darah kental kehitaman..kira2 penyakit apa tu dok dan minta solusinya dok..

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya perlu dipastikan apakah yang dialami berupa muntah darah ataukah sebenarnya adalah batuk darah. Karena keduanya hampir mirip proses terjadinya dan sering menimbulkan kesalahpahaman pada pasien yang mengalaminya. Keluhan muntah darah sering sekali dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya. Penyebab muntah darah sangat banyak, umumnya karena gangguan di saluran cerna, misalnya gastritis erosif (adanya luka pada lambung yang menyebabkan keluarnya muntah darah berwarna hitam).

    Namun jika yang terjadi adalah batuk darah maka kemungkinan besar penyebabnya terjadi karena gangguan di paru. Tidak hanya karena merokok, namun bisa juga karena infeksi, dan lain sebagainya. Beberapa kemungkinan penyebab batuk darah yang dialami yaitu akibat:

    1. Tuberkulosis paru. Penyakit infeksi paru ini memiliki gejala berupa batuk – batuk (umumnya berdahak) selama lebih dari 3 minggu disertai demam lama sekitar 1 bulan, berat badan menurun, dan lain sebagainya. Batuk – batuk yang terjadi pada pasien TBC ini berlangsung sangat lama dan kadang juga terjadi batuk darah karena penyebaran infeksi tersebut.
    2. Bronkhitis juga bisa menyebabkan keluhan batuk – batuk, baik batuk tak berdahak, berdahak ataupun hingga batuk berdarah.
    3. Tumor paru juga bisa menyebabkan keluhan batuk darah
    4. Dan lain sebagainya

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anak anda alami. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anak anda alami serta memberi terapi yang sesuai dan yang dibutuhkan. Terapi harus sesuai dengan penyebab sehingga yang paling penting sekarang adalah menegakkan diagnosis terlebih dahulu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Muntah Darah Kental Kehitaman

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.