• Dok sya mau tannya, adek saya kemaren muntah darah.  Saya bawa ke dokter di kampung katanya paru paru adek saya hitam sebelah.  Tapi dia nggak merokok.n Lagian umurnya masih 14 thn dok.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan muntah darah kerap kali dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya. Muntah darah sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena penyakit di paru – paru atau juga karena gangguan di organ tubuh lainnya, misalnya gastritis erosif (perlukaan pada lambung yang menyebabkan keluarnya muntah darah berwarna hitam). Namun jika memang telah diperiksakan ke dokter dan dinyatakan pada paru – paru, maka untuk sementara gangguan di organ lain bisa disingkirkan.

    Muntah darah karena penyakit paru juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Tidak hanya karena merokok, namun bisa juga karena infeksi, dan lain sebagainya. Muntah darah juga tak melulu terjadi pada orang tua, usia muda pun bisa mengalaminya. Berikut beberapa kemungkinan penyebab muntah darah yang dialami akibat penyakit paru:

    1. Tuberkulosis paru. Penyakit infeksi paru ini memiliki gejala berupa batuk – batuk (umumnya berdahak) selama lebih dari 3 minggu disertai demam lama sekitar 1 bulan, berat badan menurun, dan lain sebagainya. Batuk – batuk yang terjadi pada pasien TBC ini berlangsung sangat lama dan kadang juga terjadi batuk darah karena penyebaran infeksi tersebut.
    2. Bronkhitis juga bisa menyebabkan keluhan batuk – batuk, baik batuk tak berdahak, berdahak ataupun hingga batuk berdarah.
    3. Tumor paru juga bisa menyebabkan keluhan batuk darah
    4. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa. Karena dalam forum ini saya tak bisa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada anda serta tak bisa melakukan pemeriksaan penunjang sehingga hanya bisa membantu menjelaskan beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Muntah Darah Paru" Hitam Sebelah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.