• Selamat sore dr. Saya seorang ibu yg sedang hamil. Namun di kehamilan saya yg ke 2 ini saya muntah terlalu berlebihan.bahkan sore ini yg membuat saya syok saya muntah di sertai darah dr…saya panik…saya bingung…apakah semua itu berbahaya atau tidak…tenggorokan saya sampai panas. Lalu untuk pertolongan pertama saya harus apa dr. ? Terima kasih

    Selamat malam. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Keluhan mual dan muntah memang kerap kali mengganggu ibu hamil terutama di trimester awal. Keluhan ini terjadi karena hormon yang tidak stabil di awal kehamilan. Jika keluhan mual dan muntah berlebihan saat kehamilan biasa juga disebut sebagai hiper emesis gravidarum (HEG).

     

    Muntah yang berulang dan terjadi terus menerus bisa menyebabkan lapisan mukosa lambung dan juga kerongkongan menjadi luka dan timbul perdarahan yang akan keluar bersama makanan dan cairan lambung. Selain itu faktor tekanan darah tinggi saat kehamilan di usia lebih dari 20 minggu atau biasa disebut sebagai preeklamsia juga bisa menjadi penyebab keluhan muntah darah saat kehamilan.

     

    Ada beberapa obat – obatan yang bisa diberikan untuk mengatasi masalah inu mulai dari obat untuk menekan produksi asam lambung seperti golongan proton pump inhibitor, obat untuk menetralisir asam lambung seperti antasida hingga obat untuk melindungi mukosa lambung yang luka seperti sukralfat. Namun alangkah baiknya jika anda memeriksakan diri secara langsung terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Setelah dilakukan pemeriksaan dan dipastikan penyebabnya baru dokter bisa menentukan terapi terbaik dan yang paling tepat sesuai kondisi pasien.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Baik dr…namun yg ingin saya tanyakan kembali untuk pertolongan pertama menanggulangi muntah hebat ini harus dengan cara apa ya dr. Mengingat suami saya masih kerja dan belum pulang.sebelum dan sesudahnya terima kasih dr atas jawaban nya.

     

Beranda Tanya Dokter Muntah Darah Saat Hamil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.