• Dok saya ira umur 18th. Gejala saya pusing mual dan sakit perut. Dan seminggu terakir ini apapun yang saya makan itu pasti keluar (muntah). Saat sebelum muntah perut gak enak dan kepala pusing tapi sesudah muntah lebih enteng. Tapi kenapa setiap makan saya muntah? Makasih dok

    saya Ira 18th.punya riwayat maag tapi akhir-akhir ini setiap sesudah makan saya langsung muntah mual pusing setiap makanan yg dimakan pasti keluar. kenapa ya dok??

    • Balasan ini diubah 4 bulan yang lalu oleh  irawatul aisyah. Alasan: kurang lengkap.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan mual muntah dan sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain sebagai berikut:

    1.       Dispepsia atau gangguan lambung akibat peningkatan asam lambung merupakan salah satu penyebab tersering dari keluhan mual, muntah dan nyeri perut terutama nyeri di bagian ulu hati. Keluhan ini bisa disertai keluhan sakit kepala. Ada beberapa faktor pencetus keluhan ini yaitu karena terlambat makan, makan makanan yang merangsang peningkatan asam lambung misalnya mie, kol, makanan yang terlalu pedas, asam, dan bersantan. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat menjadi salah satu pencetus.

    2.       Infeksi saluran pencernaan juga bisa menyebabkan keluhan mual, muntah, sakit perut hingga sakit kepala. Keluhan bisa disertai demam dan juga keluhan lainnya. Penyebabnya bisa berbagai macam mikroorganisme. Typus abdominalis merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pencernaan akibat infeksi bakteri Salmonella typhi.

    3.       Penyebab lainnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.  Pengobatan yang diberikan disesuaikan dengan penyebab keluhan anda. Jika memang karena dispepsia dapat diberikan obat untuk proteksi mukosa lambung dan obat untuk menurunkan asam lambung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Muntah Setelah Makan, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.