• Hai Dok,mau tanya anak saya umur 1,5 th tiba tiba muntah pada sore hari.padahal paginya tidak ada tanda tanda sakit.sebelum muntah dahinya keluar keringat tapi tidak panas/demam.sudah saya beri obat Vometa tp muntahnya msh terus.dan saya kasih ASI ga mau(tdk pakai susu formula sama sekali).saya beri oralit juga tdk mau(karena ada rasanya) dan lebih milih air putih.muntahnya kira kira 1 jam sekali.setiap hbs muntah dia pasti minum lagi.begitu terus.hari minggu klinik dokter ga ada yang buka.tolong Dok apa yg harus saya lakukan atau ada rekomendasi obat lain terima kasih,,,,

    Selamat pagi, Dian.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi mediskus.com.

    Penyebab muntah pada anak bisa karena beberapa hal antara lain karena infeksi saluran pencernaan hingga konsumsi makanan yang tidak higienis ataupun alergi makanan tertentu. Jika keluhan muntah tanpa disertai keluhan lainnya seperti demam, nyeri perut, ataupun anak gelisah hingga tidak mau minum, maka anda dapat hanya memantau (observasi) saja keadaan anak selama 6 sampai dengan 24 jam setelah serangan muntah mulai. Anak anda belum perlu terapi khusus, cukup dengan pemberian asupan cairan dalam jumlah banyak untuk mengganti cairan yang keluar lewat muntah. Selama anak cukup mendapat asupan cairan dan anak terlihat sehat (tetap aktif beraktivitas dan bermain) maka anda tidak perlu terlalu khawatir.

    Jika anak anak anda menunjukkan gejala yang lebih serius, maka anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter, seperti menunjukkan gejala sebagai berikut:

    1. Ada tanda – tanda dehidrasi (anak lemah, tidak mau minum, mata cekung, bibir kering, tangan dan kaki dingin, turgor kulit lambat)
    2. Demam
    3. Tidak mau minum
    4. Muntah lebih dari 12 jam atau muntah dengan jumlah yang sangat banyak

    Selama gejala awal tersebut tidak ada, maka anda cukup mengobservasi saja keadaan anak anda sambil melakukan hal – hal berikut:

    1. Menjaga agar anak cukup hidrasi nya. Ketika anak muntah, banyak cairan yang keluar. Sehingga perlu diganti asupan cairannya untuk mencegah dehidrasi. Beri asupan cairan yang anak anda inginkan, misal air putih, susu, oralit, dsb. Jangan beri jus buah yang asam atau cairan lain yang malah mengiritasi saluran cerna anak.
    2. Jaga asupan makanan anak agar tetap bersih dan berikan makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu untuk menjaga agar saluran cerna tidak bekerja terlalu keras. Misalnya, bubur, dsb.

    Sebenarnya anak anda sebaiknya jangan diberikan obat anti muntah terlebih dahulu, kecuali atas resep dari dokter. Muntah salah satu mekanisme pertahanan tubuh. Hal utama dan yang paling penting anda kerjakan adalah menjaga asupan cairan anak anda agar tetap seimbang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Muntah Tiba Tiba pada Anak / Bayi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.