• Dok, sy mau tanya, anak saya umur 4th 3bln. Tiap hari muntah2 sudah saya periksa 2x, tapi tidak ada perubahan. Bila anak saya lari2, bercanda, atau bergerak yang membuat dia kelelahan pasti muntah. padahal seumuran dia masih aktif2nya. anak saya kenapa ya dok?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Muntah seringkali dialami tidak hanya pada orang dewasa namun juga anak. Muntah pada anak seringkali membuat khawatir bagi para orang tua. Ada banyak sekali penyebab muntah pada anak, yang paling umum antara lain :

    • Akibat infeksi saluran cerna sering sekali menyebabkan keluhan muntah. Seringnya muntah disertai gejala lain yang menyertainya antara lain: demam, nyeri perut, mual, diare, dan lain sebagainya. Bisa disebabkan karena infeksi bakteri, virus, jamur atau mikroorganisme lainnya
    • Alergi dan iritasi makanan. Umumnya terjadi beberapa menit atau beberapa jam setelah makan makanan tertentu.
    • Stress ataupun cemas. Anak juga bisa mengalami stress dan bisa menjadi faktor pencetus terjadinya muntah. Misal akibat pelajaran di sekolah, tegang saat bermain mainan tertentu dan lain sebagainya.
    • Akibat makan makanan dalam jumlah terlalu banyak. Anak seringkali tidak bisa mengontrol apa yang akan dimakannya sehingga bisa makan dalam jumlah sekaligus banyak. Hal ini sering mencetuskan muntah.
    • Bermain terlalu banyak juga bisa meningkatkan kecendrungan untuk muntah. Misal anak banyak berlari – lari apalagi sesaat setelah makan sering menyebabkan kecendrungan untuk muntah.
    • Flu ataupun infeksi pada organ lainnya juga sering mencetuskan muntah

    Pada kasus anak anda mungkin saja akibat bermain terlalu banyak. Jika ini yang terjadi maka batasi permainan anak jangan terlalu berlebihan. Selain itu jaga agar anak tidak langsung aktivitas berlebihan setelah makan. Beri asupan makanan sesuai porsinya, lebih baik dalam porsi kecil namun sering.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

Beranda Tanya Dokter Muntah-muntah pada Anak Hampir Setiap Hari

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.