• Selamat sore dok, saya ingin tanya saya sakit sudah ada 2 minggu dok, dan sudah ke dokter juga dan dokter mengatakam saya hanya kecapean dan di area dada saya banyak dahak sehingga nafas jadi gak teratur dan di anjurkan cek darah takut ada virus setelah saya cek darah saya hanya terkena tipes dan led dahak saya tinggi, dan saya di anjurkan istirahat tapi sampe saat ini dok saya masih batuk berkepanjangan dan hidung tersumbat tapi gak pernah keluar dan badan saya juga sering panas di dini hari sekitar jam 2 sampe pagi dan kepala bagian belakang sakit?

    Kira kira apa penyakit saya? dan apa masih harus di lakukan pemerksaan lagi? sama apa jangan ke satu dokter dan rumah sakit dok?

    mohon bantuanya dok, terimakasih God Bless

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan batuk seringkali dirasakan oleh beberapa individu. Batuk dalam jangka waktu lama sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa penyakit saluran pernapasan. Berikut akan saya uraikan beberapa kemungkinan penyebab penyakit batuk antara lain:

    1. Infeksi saluran napas bagian atas. Keluhan yang muncul bisa berupa batuk, pilek, demam dan keluhan lainnya.
    2. Infeksi pada bronkus terdiri dari dua tipe, yaitu bronkhitis akut dan kronis. Keluhan yang muncul berupa batuk, baik kering maupun berdahak, kadang disertai nyeri dada dan lain sebagainya.
    3. Tuberkulosis paru. Infeksi akibat kuman Micobacterium tuberkulosis ini memiliki gejala batuk. Umumnya batuk berlangsung lebih dari 3 minggu disertai keluhan demam selama berminggu – minggu pada malam hari, kadang nafsu makan pasien menurun dan berat badan pasien juga menurun.
    4. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda memang harus dilakukan pemeriksaan fisik kembali oleh dokter dan jika perlu dilakukan pemeriksaan penunjang. Apalagi jika keluhan batuk anda berlangsung 3 minggu atau lebih, ada baiknya dilakukan pemeriksaan BTA pada dahak anda untuk mengetahui apakah terinfeksi kuman TBS atau tidak. Kadang juga perlu dilakukan pemeriksaan Rontgen untuk memastikan.

    Jika memang keluhan anda sangat mengganggu dan berlangsung lama, silakan anda periksakan lagi secara langsung ke dokter. Bisa ke dokter spesialis paru jika memang perlu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Banyak Dahak di Dada (Paru-paru) Disertai Batuk Terus

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.