• Dok saya mau tanya saya usia 23th. Saya srrinf berhub dgn suami saya Waktu kemarim saya keluar darah seperti ati. Warnanya darah ke coklat2tan kentel. Apakah saya keguguran dok. ?

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertanyaan mengenai keluar darah dari vagina (kemaluan) seringkali muncul dan menjadi kekhawatiran tiap wanita yang mengalaminya. Namun tidak semua keluarnya darah dari vagina menjadi masalah yang berbahaya, apalagi selalu diidentikkan dengan keguguran. Untuk mencurigai bahwa perdarahan dari vagina adalah akibat keguguran, tentu harus di dahului oleh adanya kehamilan sebelumnya yang salah satunya ditandai dengan terlambatnya jadwal haid dari yang seharusnya.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut dengan abortus sebenarnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu abortus iminens (keadaan yang mengancam terjadinya keguguran), abortus insipien (keguguran yang baru terjadi), abortus incomplit (keguguran sudah terjadi dan telah keluar sebagian hasil konsepsi/ pembuahannya) hingga abortus komplit (telah keluarnya seluruh hasil konsepsi). Masing – masing tahapan tersebut memiliki gejala klinis yang berbeda. Namun jika dijelaskan secara umum, gejala keguguran antara lain:

    1. Nyeri perut. Nyeri bisa terasa ringan hingga sangat berat tergantung dari stadiumnya.
    2. Perdarahan yang keluar dari vagina. Darah yang keluar bisa hanya flek – flek saja, hingga bisa sampai keluar darah dan jaringan dalam jumlah yang cukup banyak.
    3. Terbukanya rahim. Namun dalam tahap awal biasanya liang rahim belum terbuka atau hanya terbuka sedikit.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter, terutama dokter spOG.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ngeflek seperti Ati Keluar dari Lobang Vagina

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.