• Sy mau tanya dok. . Sy baru melahirkan 2 bulan lalu. melalui cesar. tapi sampai sekarang nifas masih keluar. Hanya flek coklat dan keluarnya tidak teratur. misal hari ini keluar, besok tidak keluar. . besoknya lagi baru keluar.. itu kenapa ya dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perdarahan di masa nifas pada wanita pasca melahirkan umumnya berlangsung selama kurang lebih 40 hari. Namun pada beberapa wanita perdarahan ini dapat berlangsung selama 60 hari pasca melahirkan. Darah yang keluar awalnya berwarna merah segar lalu lama kelamaan berubah menjadi lebih gelap hingga akhirnya menjadi flek – flek kecoklatan dalam beberapa hari hingga minggu. Setelah itu flek akan berwarna kekuningan dan lebih terang hingga akhirnya berubah menjadi bening dan menghilang sepenuhnya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan perdarahan di masa nifas bisa berlangsung memanjang, yaitu antara lain:

    1. Masih adanya jaringan sisa kehamilan yang tertinggal dalam uterus (rahim). Namun biasanya perdarahan berlangsung banyak dan umumnya disertai rasa nyeri di bagian perut.
    2. Hormon yang masih belum stabil juga dapat menyebabkan memanjangnya perdarahan pasca melahirkan.
    3. Akibat efek KB hormonal yang digunakan ibu post melahirkan, misalnya pil KB, KB suntik, dan lain sebagainya. KB hormon sering menyebabkan efek berupa munculnya flek – flek pada wanita yang menggunakannya.
    4. Kelainan darah, misalnya saja berkurangnya faktor pembekuan darah sehingga membuat perdarahan memanjang dan lebih lama berhentinya.
    5. Ibu yang baru pertama kali melahirkan atau melahirkan bayi yang cukup besar sering mengalami perdarahan masa nifas yang memanjang
    6. Dan penyebab lainnya

    Untuk memastikan silakan dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat diketahui penyebab pastinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nifas Tak Kunjung Berhenti

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.