• dok bisa jelasin secara detail mengenai tanda tanda vital ? makasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tanda vital terdiri dari empat indikator yaitu temperatur atau suhu tubuh, denyut nadi, frekuensi pernapasan, dan tekanan darah. Keempat indikator ini perlu diperiksa dengan tujuan untuk mendeteksi adanya perubahan sistem tubuh.

    1. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan untuk mengetahui dan menilai kondisi metabolisme di dalam tubuh kita. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan termometer, baik termometer air raksa maupun termometer digital. Lokasi tempat dilakukan pemeriksaan ini biasanya pada ketiak, telinga, ataupun rektal. Suhu tubuh normal manusia berkisar antara 36 sampai dengan 37,5 derajat celsius. Jika suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius maka sudah termasuk ke dalam demam.
    2. Pemeriksaan denyut nadi berupa pengukuran frekuensi, kekuatan denyut nadi, hingga regularitas irama denyut nadi tersebut. Normalnya denyut nadi pada orang dewasa berkisar antara 60 hingga 100 kali permenit, dengan irama reguler dan kekuatan denyut nadi yang cukup kuat.
    3. Pemeriksaan pernapasan terdiri dari frekuensi napas dan juga regularitas irama pernapasan. Pada orang dewasa, frekuensi napas berkisar antara 16 sampai dengan 24 kali per menit, dengan irama yang reguler atau teratur.
    4. Pemeriksaan tekanan darah. Tekanan darah normal berkisar antara 120/ 80 mmHg. Pengukuran tekanan darah dengan menggunakan spigmomanometer baik air raksa, jarum ataupun spigmomanometer digital.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nilai Normal Tanda Tanda Vital

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.