• Selamat siang dok, nama saya putri munte umur 21 tahun, saya mau bertanya dok, jika nyeri dada kadang nyut2 dgn d tusuk nyeri dada itu di sebabkan apa dok ? Trima ksih dok

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi individu yang mengalaminya. Namun sebenarnya tidak semua keluhan nyeri dada disebabkan penyakit yang serius, kadang juga akibat masalah ringan. Ada beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada antara lain:

    1. Bisa akibat kram pada otot – otot dinding dada, misal karena aktivitas tertentu yang menggunakan otot dada secara berlebihan.
    2. Akibat gangguan pada tulang – tulang dada misal akibat benturan benda keras
    3. Akibat penyakit jantung koroner. Umumnya keluhan nyeri dada terasa di bagian dada kiri yang menjalar ke lengan kiri, punggung, leher, rahang dan sebagainya.
    4. Penyakit paru, misal karena infeksi di jaringan paru ataupun selaput paru mengakibatkan keluhan nyeri dada
    5. Gastroesofageal reflux disease. Penyakit lambung ini bisa menyebabkan asam lambung naik ke atas sehingga menimbulkan rasa nyeri di bagian dada
    6. Dan lain sebagainya

    Masing – masing penyakit tersebut umumnya memiliki karakteristik nyeri yang berbeda dan disertai gejala klinis lainnya yang khas. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan agar dapat diketahui penyebab pasti keluhan nyeri dada tersebut. Penentuan diagnosis yang cepat dan tepat sangat berarti dalam keberhasilan pengobatan keluhan nyeri dada tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Dada Terasa Nyut-nyutan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.