• Dok, saya mengalami sakit nyeri dada sudah dari 3 tahun yang lalu di bagian tengah kalau buat nafas sakit jika ditekan sakit. Awalnya saya menganggap remeh tapi seiring berjalan waktu sekarang saya sering sekali nyeri dada kadang sebelah kiri kadang di tengah namun dalam jangka waktu pendek. Tapi sekarang saya merasakan nyeri dada bagian kanan berlangsung selama 11 jam buat nafas sakit, buat batuk sakit,buat tertawa atau bicara sakit. Kira” saya sakit apa ya dok?

    Makasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada beberapa bagian tubuh pada dada, mulai dari kulit, otot dada, tulang hingga ke organ dalam seperti paru – paru dan juga jantung. Organ di sekitar rongga dada seperti lambung juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dada jika mengalami gangguan.

    Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri dada seperti yang anda rasakan yaitu:

    1.       Kram otot dada merupakan salah satu penyebab keluhan nyeri dada. Apalagi otot dada juga digunakan sebagai alat bantu pernapasan sehingga bila terjadi kram maka bisa juga muncul keluhan nyeri dada terutama saat digunakan bernapas, batuk dan lain sebagainya.

    2.       Gangguan pada tulang dada seperti patah tulang, dislokasi dan lain sebagainya juga bisa menyebabkan hal yang sama.

    3.       Infeksi pada selaput paru atau biasa disebut sebagai pleuritis juga bisa menjadi penyebab nyeri di bagian dada.

    4.       Gangguan di paru misalnya karena infeksi di bronkus (bronkhitis) dan lain sebagainya juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dada

    5.       Gangguan di jantung misalnya penyakit jantung koroner akan menimbulkan nyeri di bagian dada kiri yang menjalar ke bagian lengan kiri, rahang, dan lain sebagainya.

    6.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda, silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Dada di Bagian Tengah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.