• Malam dok. Saya perempuan berumur 18 tahun. Sudah setahun lebih (sampai sekarang) dada kiri saya terasa nyeri. Terkadang rasanya seperti ada yang tersumbat. Nyerinya juga terkadang terjadi di dekat ketiak kiri dan punggung kiri atas. Kadang-kadang detak jantung saya juga rasanya aneh. Seperti “deg”, lalu rasanya (di bayangan saya) seperti melambat. Terjadinya bukan ketika saya sedang olahraga, malah ketika saya sedang duduk istirahat atau tiduran. Terutama kalau saya tidur terlalu larut. Namun kemarin ketika saya sedang jalan-jalan sekitar dua jam, mendadak dada saya sakit lagi. Hari ini juga nyerinya seharian di dada dan punggung. Saat berbaring mau tidur, ketika dada saya tekan lalu dilepas, rasa tekanannya masih ada dan lebih berat. Baru lebih nyaman ketika agak bersandar. Saya kenapa ya? Bagaimana cara mengatasinya? Sebagai tambahan, saya menderita gastritis dan ada masalah di kantung empedu. Apa mungkin karena itu?

    Terima kasih dokter.

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak hal,mulai dari gangguan pada otot dan sendi di area tersebut hingga adanya gangguan pada organ dalam. Berikut akan diuraikan beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri dada bagian kiri yaitu antara lain akibat:

    1.       Gangguan pada lambung berupa dispepsia atau peningkatan asam lambung sering menimbulkan keluhan pada bagian perut kiri yang bisa menjalar hingga ke bagian dada kiri. Rasa nyeri bisa berupa rasa panas dan tak nyaman atau seperti tertusuk – tusuk. Keluhan ini sering menyerupai keluhan nyeri dada pada orang yang mengalami penyakit jantung koroner. Jika anda memiliki riwayat sakit maag sebelumnya, maka gangguan lambung menjadi salah satu kemungkinan penyebab keluhan anda saat ini.

    2.       Kram otot dada terutama bagian kiri juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada bagian dada kiri. Pasien juga bisa mengeluh sesak napas atau kesulitan mengambil napas karena otot dada yang mengalami kram.

    3.       Faktor psikosomatis atau karena stress berat dan faktor psikis lainnya juga bisa menjadi penyebab. Tidak ditemukan gangguan klinis yang terjadi, namun pasien selalu merasa ada yang sakit pada tubuhnya termasuk bagian dada.

    4.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Tidak bisa hanya dengan informasi di forum ini saja. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Dada Disertai Gejala Jantung

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.