• Dok, saat berolahraga khususnya ketika berlari saya sering mengalami nyeri dada bagian kiri, sesak nafas, wajah pucat dan tangan dingin . Kadang ketika melakukan aktivitas, dada saya berdebar-debar. Apakah itu gejala penyakit tertentu dan bagaimana mengatasinya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri dada pada bagian kiri pada saat berolahraga bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain karena:

    1.       Kram otot bisa menjadi penyebab keluhan nyeri dada. Apalagi otot dada juga berperan sebagai alat bantu napas sehingga ketika otot ini mengalami gangguan maka seringkali menimbulkan gangguan sesak napas pula.

    2.       Gangguan di tulang dada juga bisa menjadi penyebab keluhan.

    3.       Penyakit jantung koroner seringkali menjadi penyebab nyeri di dada sebelah kiri. Nyeri dirasakan seperti dada yang terhimpit beban berat atau rasa tak nyaman lainnya. Apalagi saat olahraga jantung memompa lebih kuat untuk mencukupi kebutuhan oksigen yang diangkut oleh darah, hal ini seringkali menyebabkan keluhan nyeri dada yang timbul pasca  olahraga.

    4.       Gangguan di paru juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dada, sesak napas dan lain sebagainya.

    5.       Penyebab lain

    Dada berdebar – debar saat beraktivitas bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari respon normal tubuh atau memang karena disebabkan oleh gangguan penyakit tertentu. Untuk memastikannya memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan atuapun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Oleh karena itu jika anda merasakan ada yang tak nyaman dengan bagian tubuh anda maka segeralah berobat ke dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Nyeri Dada Bagian Kiri dan Berdebar-debar

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.