• Assalamu’alaikum..

    Dok, saya mau tanya. Saya merasakan nyeri dada di bagian tengah. Rasanya seperti ada beban berat yang menimpa dok. Saya merasakan nyeri ini baru tadi malam. Saya juga merasa pusing di kepala, dan lengan kiri saya terasa sakit dok. Dan saya punya riwayat sakit maag dok. Tolong bantuannya. Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit dada pada pasien yang dicurigai akibat kelainan atau gangguan di jantung dan pembuluh darah jantung antara lain sebagai berikut:

    • Nyeri dada biasanya dirasakan sebagai perasaan tidak nyaman di dada yang terasa seperti ditekan, diremas, rasa terbakar, ataupun rasa berat di bagian tengah dada atau dada sebelah kiri.
    • Rasa tidak nyaman atau sakit dada ini menjalar ke leher, rahang, gigi, ulu hati, bahu atapun menjalar ke lengan (biasanya sebelah kiri).
    • Keluhan sakit dada akibat jantung juga sering disertai nafas memendek, lemas, mual – mual, muntah dan terkadang rasa tidak nyaman di perut.
    • Nyeri dada biasanya dicetuskan karena aktivitas yang berat, olahraga berat (misal lari, futsal, sepak bola), cuaca dingin, stres emosi.
    • Sakit dada ini bisa berkurang dengan istirahat ataupun dengan konsumsi obat nitrogliserin.
    • Namun nyeri dada ini bisa juga muncul saat istirahat. Kadang gangguan pada jantung muncul dengan keluhan pernafasan yang memendek dengan atau tanpa keluhan sakit dada.

    Namun keluhan nyeri pada bagian dada juga bisa disebabkan karena gangguan di organ lain, salah satunya akibat sakit lambung, misalnya GERD (gastroesofageal reflux disease). Gejala penyakit ini berupa nyeri bagian dada yang panas akibat naiknya asam lambung ke daerah kerongkongan. Keluhan lain yang dirasakan dapat berupa perut terasa kembung, sendawa, dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung mulai dari pemeriksaan fisik, EKG dan pemeriksaan lain yang dibutuhkan. Penegakan diagnosis penyakit dengan cepat dan tepat akan mempermudah penyembuhan dan mengurangi resiko lain yang lebih buruk. Oleh karena itu segeralah periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Dada Bagian Tengah Rasa Tertekan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.