• Dok. Saya pengguna alat kontrasepsi IUD baru pasang hampir 4 tahun dalam masa itu tidak ada keluhan tapi satu bulan terakhir di dinding vagina saya muncul benjolan rasanya nyeri.. apakah itu efek dari IUD yang saya pakai… mohon pencerahannya. Trims

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan di vagina bisa disebabkan karena banyak hal. Harus dipastikan benjolan yang muncul berupa massa padat atau dalam bentuk kista (kantong berongga bisa berisi cairan, udara, nanah atau bahan lain), atau dalam bentuk lainnya.

    Ada beberapa penyebab benjolan pada vagina yaitu antara lain:

    1. Kista bartholin. Berasal dari kelenjar bartholin yang berada pada vagina. Kelenjar bartholin mengalami infeksi sehingga mengandung nanah pada bagian dalam bibir vagina. Kista gartner. Umumnya berisi cairan pada dinding vagina.
    2. Kista inklusi vagina, yang sering terjadi karena peradangan dinding vagina setelah trauma paska persalinan atau setelah operasi.
    3. Tumor jinak vagina
    4. Benjolan pada vulva (bibir vagina) bisa disebabkan karena kutil (veruka vulgaris), condiloma acuminata, moluscum kontagiosum dan lain sebagainya
    5. Kanker vulca
    6. Folikulitis jika benjolan terjadi pada saat infeksi batang rambut kemaluan
    7. Dan lain sebagainya

    Penanganan yang diberikan berbeda tergantung diagnosis penyebab oleh karena itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda. Misalnya untuk kista bartholin diberi terapi berupa antibiotik atau menjalani prosedur bedah.

    Umumnya IUD tak memberikan efek samping berupa benjolan vagina. Namun silakan memastikas secara langsung ke dokter.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri di Dinding Vagina

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.