• <p style=”text-align: left;”>sore dok,saya wanita berumur 25 thn,saya mempunyai anak 1 laki laki yg lahir tahun 2013,waktu saya hamil anak pertama saya pernah kecetit di bahu sebelah kanan,karena saya hamil saya cuma bisa pijat refleksi,setelah anak saya lahir,1 tahun kemudian saya mulai merasakan sakit pada lutut sebelah kanan saya,sakit nya akan kambuh klo saya kecapean,dan sekarang saya sedang mengamdung anak ke 2,usia kehamilan saya sekarang masuk 4 bulan,kalo saya rasakan semakin tambah bulan usia kehamilan saya semakin sakit lutut saya.lain tidak seperti biasanya.trus juga waktu sebelum hamil sampe hamil sekarang ini saya sering pijat di bagian lutut saya tersebut,kadang dengan tangan kadang juga di pijat dengan kaki.itu 1.gimana dokter apa penyebab sakit lutut saya?</p>
    <p style=”text-align: left;”>2.trus karena sering saya pijat apakah bahaya efeknya untuk kaki saya?</p>
    <p style=”text-align: left;”>3.apakah nanti semakin tambah usia kehamilan saya apa akan lebih sakit lagi?</p>
    <p style=”text-align: left;”>4.trus juga apa yg harus saya lakukan?</p>
    <p style=”text-align: left;”>trimakasih?</p>

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Nyeri pada lutut bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena radang sendi dan tulang akibat faktor degeneratif, autoimun, akibat penumpukan kadar asam urat, osteoporosis atau adanya pengeroposan tulang dan kemungkinan sebab lainnya. Kondisi ini bisa terkait dengan kehamilan yang anda alami atau bisa juga tidak ada kaitannya sama sekali.

    Pada kasus ibu hamil, kejadian ini bisa saja terjadi akibat osteoporosis hal ini disebabkan karena kebutuhan kalsium yang sangat meningkat sewaktu hamil. Kebutuhan kalsium ini dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi dari janin yang dikandung. Kebutuhan kalsium ini sangat meningkat terutama saat kehamilan di trimester pertama dan ketiga. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil berkisar antara 1.200 mg/ hari. Bila kebutuhan akan kalsium tidak terpenuhi, maka janin dalam kandungan akan mengambil kalsium dari tulang ibunya. Hal ini mengakibatkan tulang ibu menjadi cepat rapuh karena terjadi proses demineralisasi.

    Proses pemijatan pada tulang anda tidak memberikan manfaat untuk menghilangkan keluhan. Justru jika benar nyeri lutut yang anda alami terjadi karena osteoporosis maka pemijatan di kaki malah dapat memperberat proses pengeroposan tulang. Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan secara detail baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab keluhan tersebut. Konsumsi kalsium sesuai dosis yang dibutuhkan selama kehamilan juga penting untuk mencegah osteoporosis semakin berat.

    Silakan baca artikel berikut:

    Susu Terbaik untuk Ibu Hamil (Tips Memilih)

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Nyeri di Lutut

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.