• Saya sering mengalami nyeri ulu hati dan sulit menarik nafas, terkadang juga terasa perih di sekitar ulu hati.  Apa ini ada hubungannya dengan pola makan saya? Saya tidak teratur makan, suka makan pedas…saya jga beberapa kali dalam satu minggu minum paracetamol/ ibuprofen untuk meredakan sakit kepala. Saya sering tidur dengan kipas angin menyala nonstop, dan pengendara motor. Mohon penjelasan dokter. Karena saya membaca beberapa artikel di mediskus ini, ttg beberapa gejala penyakit yg serupa dengan yg saya alami.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri ulu hati kebanyakan memang terkait dengan gangguan pada lambung. Faktor  resiko yang mencetuskan keluhan nyeri ulu hati antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya. Keluhan nyeri ulu hati biasanya terkait dengan dispepsia yang terjadi akibat peningkatan asam lambung. Keluhan yang muncul bisa berupa nyeri di ulu hati, mual, kadang bisa muntah, pasien juga bisa merasa sesak akibat peningkatan asam lambung. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung. Akan tetapi tak ada salahnya bila anda menjaga pola hidup anda sehari – hari sebagai berikut:

    1. Upayakan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    2. Rilekskan pikiran karena faktor stress bisa menjadi salah satu faktor pencetus dispepsia.
    3. Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri di Ulu Hati dan Sesak Napas?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.