• permisi dok, ibu saya sering mengeluh sakit di bawah dada(ulu hati) setiap 1/2 jam setelah berbuka puasa ciri2 nya nyeri hebat di ulu hati, susah bersendawa, mual2..

    kira2 itu gejala apa ya dok, sekalian tips cara mengobati nya. makasih..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri ulu hati disertai mual – mual dan bersendawa biasanya sering diakibatkan oleh karena gangguan pada lambung atau sering juga disebut dispepsia. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh karena kebiasaan makan yang kurang baik misalnya terlambat makan, perut kosong terlalu lama, konsumsi makan makanan pedas dan berminyak, stress, kebiasaan merokok dan lain sebagainya. Orang yang memiliki riwayat gangguan lambung sering mengalami kekambuhan saat puasa sehingga perlu upaya untuk menghindarinya dengan cara menghindari konsumsi makanan yang mengiritasi  dan mengkonsumsi obat lambung saat sahur.

    Berikut akan dijelaskan secara lebih detail beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain :

    1. Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    2. Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid yang banyak dijual bebas ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).
    3. Hindari merokok dan rilekskan pikiran.

    Sebaiknya berkonsultasi secara langsung ke dokter agar mendapat terapi yang adekuat.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri di Ulu Hati Setelah Berbuka Puasa

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.