• Selamat malam dokter,

    Saya amellia usia saya 23 tahun, saya  memiliki sedikit masalah di kesehatan saya dok, belum lama ini saya merasa aneh diketiak sebelah kiri saya. Sebelumnya saya melakukan pencabutan bulu ketiak, semenjak itu saya merasa sakit dibagian ketiak. Jika disentuh pelan ada benjolan kecil didalam nya. Tapi tubuh saya tidak mengalami reaksi lain, hanya rasa nyeri diketiak kiri saja. Bagaimana dok? Apa saya harus memeriksa diri ke dokter? Mohon jawaban nya dok.

    Sekian, terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tindakan pencabutan rambut di ketiak sering kali menimbulkan masalah baru yakni timbulnya rasa nyeri pada bagian ketiak dan juga timbul benjolan berisi nanah di sekitar rambut ketiak yang dicabut tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena tindakan pencabutan yang tidak bersih baik karena menggunakan alat atau tangan yang kotor atau area dilakukan pencabutan yang kotor dan belum dibersihkan dengan zat antiseptik. Tindakan pencabutan dan area pencabutan yang tak bersih akan menyebabkan masuknya kuman ke kulit yang terbuka pasca pencabutan dan akan menimbulkan infeksi yang terjadi pada folikel rambut dan juga bisa mengenai jaringan lunak di sekitar folikel rambut.

    Infeksi atau reaksi peradangan pada folikel rambut dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai folikulitis. Gejala yang muncul akibat folikulitis adalah berupa pembengkakan pada bagian folikel yang terkena berupa tonjolan atau bintik kecil berbentuk kubah yang menonjol dan lebih tinggi dari permukaan kulit. Keluhan ini disertai juga dengan munculnya kemerahan pada kulit dan juga rasa nyeri. Selain itu bisa juga muncul abses atau bisul pada folikel rambut tersebut.

    Pada kasus yang anda alami sebaiknya dijaga kebersihan daerah ketiak anda, hindari mencabut bulu ketiak lagi dengan tindakan yang tidak bersih. Jika keluhan memburuk segera periksakan diri ke dokter.

    Silakan baca artikel terkait keluhan anda:

    Benjolan di Ketiak

    Benjolan di Ketiak : Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Nyeri di Ketiak, Bagaimana Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.