• Siang Dok, sejak januari 2010, istri saya diamputasi kaki kanannya diatas lutut akibat kecelakaan. Hingga kini bila udara dingin atau ketika ada kilat/geluduk pada waktu hujan, luka bekas amputasinya terasa nyeri. Kenapa ya dok ? Berbahaya tidak ? Tks

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Amputasi berasal dari kata amputare yang artinya pancung. Amputasi merupakan suatu tindakan untuk memisahkan bagian tubuh. Pasca amputasi ada beberapa keluhan yang sering dialami oleh pasien, yang paling sering adalah nyeri pasca amputasi atau biasa disebut nyeri phantom. Nyeri panthom dirasakan sebagai sensasi nyeri, gatal atau sensasi lainnya yang dirasakan pada bagian tubuh yang diamputasi dan seolah- olah bagian tersebut masih ada. Hampir sebagian besar pasien dengan tindakan amputasi akan mengalami keluhan ini. Selain nyeri, sensasi lainnya yang bisa dirasakan antara lain berupa rasa hangat, dingin, tegang, berat, geli, dan tertekan.
    Nyeri phantom dapat terjadi karena tidak seimbangnya memori antara saraf tepi di daerah anggota gerak yang dilakukan amputasi dengan sistem saraf pusat (otak). Keluhan nyeri phantom bisa diperberat oleh beberapa faktor pencetus yaitu antara lain berupa faktor psikis misal stress, kecemasan, ketegangan, ataupun juga karena perubahan lingkungan misal adanya perubahan cuaca dan suh. Keluhan nyeri phantom tentu sangat mengganggu bagi individu yang mengalaminya serta menimbulkan kekhawatiran namun sebenarnya keluhan ini biasa hilang timbul dan makin lama akan semakin menurun intensitasnya seiring berjalannya waktu.

    Nyeri phantom bisa diatasi dengan obat-obatan misa obat penghilang nyeri, stimulasi terhadap saraf dan juga dengan cara kombinasi. Yang perlu diperhatikan juga adalah sebaiknya anda mencoba menghindari faktor yang memperberberat keluhan ini. Jika keluhan berlangsung terus menerus, menetap ataupun rasa nyerinya sangat mengganggu maka sebaiknya dilakukan konsultasi ke dokter saraf untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat sesuai kondisi anda. Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Terima kasih, Dok !

Beranda Tanya Dokter NYERI PADA LUKA AMPUTASI

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.