• Dok saya ingin bertanya, saya sering merasakan nyeri pada perut bagian bawah tengah sampai ke bagian kanan hingga pinggang. Frekuensi buang air kecil juga jarang dan terkadang di pagi hari saya merasa mual tapi tidak sampai muntah. Apakah ini termasuk gejala penyakit ginjal? Dan apakah penyakit ginjal bisa menurun? Karena sebelumnya Ayah saya juga menderita gagal ginjal kronis.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut sering sekali dikeluhkan oleh beberapa individu. Rasa nyeri yang timbul pun beraneka ragam, ada yang terasa ditusuk – tusuk, diremas, nyeri yang hilang timbul dan lainnya. Karakteristik nyeri ini sebenarnya bisa digunakan sebagai informasi penting untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Keluhan nyeri perut bagian tengah bawah (nyeri suprapubik) bisa akibat gangguan di kandung kemih atau organ lain. Keluhan yang terjadi pada bagian kanan bawah hingga ke pinggang bisa karena gangguan di saluran kemih bagian kanan, appendiks (usus buntu) dan lain sebagainya.

    Penyebab keluhan nyeri perut tengah bawah hingga ke bagian pinggang kanan bisa karena berbagai macam hal antara lain:

    1. Infeksi saluran kemih, tanda yang terjadi antara lain anyang – anyangan saat kencing, nyeri perut bagian tengah bawah ataupun bagian kanan/ kiri, air kemih bisa berubah warna menjadi keruh atau kemerahan, bisa disertai mual, kencing sedikit dan lain sebagainya.
    2. Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan – keluhan di atas.
    3. Appendisitis atau infeksi pada usus buntu juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut yang berawal dari bagian tengah lalu beralih ke bagian kanan, terutama kanan bawah. Keluhan lain bisa berupa demam, mual bahkan muntah dan masih banyak lagi.
    4. Penyebab lainnya

    Penyakit ginjal bisa banyak macam penyebabnya, bisa karena infeksi, autoimun, akibat komplikasi penyakit tertentu dan masih banyak lagi. Gagal ginjal kronis pun seperti itu. Sehingga tidak ada kaitan secara langsung dengan keturunan. Penyebabnya harus dicari tahu terlebih dahulu, misal karena infeksi tentu tak diturunkan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri pada Perut Sampai Ke Pinggang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.