• Saya ibu rumah tangga usia 45th, merasa nyeri di tulang bokong. Awalnya saya kira karena rasa njarem karena duduk di lantai terlalu lama pada saat setrika, tapi sdh 2 minggu ini nyerinya belum hilang. Nyeri ini amat terasa apabila mengambil sesuatu d lantai dgn membungkuk atau setelah duduk di lantai dan berusaha untuk berdiri. Ada apa ya dengan tulang bokong saya?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada bokong seringkali dicetuskan karena adanya gangguan persarafan yang mempersarafi daerah tersebut. Keluhan ini bisa dicetuskan akibat aktivitas – aktivitas tertentu yang kurang ergonomis atau karena penyakit lain yang mendasarinya. Ada beberapa kemungkinan penyebab yang mempengaruhi keluhan nyeri pada bokong anda antara lain akibat posisi tubuh yang tak ergonomis saat melakukan suatu aktivitas. Pada kasus anda, keluhan duduk terlalu lama di lantai tanpa alas yang lembut dan empuk yang dapat menjadi bantalan atau pelindung tulang bokong bisa menjadi faktor pencetus. Posisi duduk terlalu lama di tempat keras dapat menimbulkan trauma pada saraf yang berada di daerah tersebut akibat penekanan dalam jangka waktu lama. Maka tak heran jika keluhan nyeri bokong bisa terjadi. Proses recovery persarafan yang mengalami gangguan juga cenderung lebih lambat pada orang tua dibandingkan saat usia muda sehingga keluhan ini berlangsung cukup lama pada anda. Selain itu bisa saja keluhan terjadi akibat penyakit persarafan lain yang mendasarinya.

    Ada baiknya anda menghindari aktivitas – aktivitas yang kurang ergonomis, terlebih usia anda yang saat ini tidak muda lagi rentan mengalami cidera pada otot, sendi dan lainnya. Usahakan saat mengambil barang di lantai maka jongkok terlebih dahulu dengan posisi seimbang baru ambil barang. Jangan langsung membungkuk untuk mengambil barang yang posisinya jauh lebih rendah dari anda. Begitu pun saat berusaha menjangkau barang yang letaknya jauh, perhatikan posisi anda. Saat beralih dari posisi duduk ke berdiri, usahakan untuk bertumpu pada satu benda sebagai penyeimbang bobot tubuh anda. Jika keluhan nyeri masih berlangsung bisa dikonsumsi obat penghilang nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat dan lainnya namun tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Konsumsi suplemen vitamin B kompleks juga dapat membantu mensuplai kebutuhan nutrisi pada saraf anda. Silakan periksakan diri ke dokter jika keluhan berlanjut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri pada Tulang Bokong

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.